Mengoptimalkan Promosi Wwisata Kebun Gowa Sebagai Daya Tarik Wisata


Oleh : Andi Uleng, Arista Warlani, Rexsy Gumolung

Gambar 1 : Foto keseluruhan daya tarik wisata Wisata Kebun
Foto Oleh : Rexsy Gumolung & Arista Kusuma

Wisata Kebun Gowa terletak di Desa Pakatto, Kecamatan Bonto Marann, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Kurang lebih 19,3 km atau sekitar 41 menit dari kota Makassar, wisata kebun dapat dicapai oleh wisatawan yang ingin berwisata di tempat ini. Daya tarik wisata kebun ini awalnya dibuat oleh pemiliknya yang sangat menyukai berwisata bersama keluarga dengan pilihan wisata yang dapat bersantai dengan suasanan perkebunan dan tumbuhan hijau serta beberapa permainan untuk anak-anaknya. Lalu akhirnya beliau membuka lahan yang dimilikinya menjadi suatu daya tarik wisata untuk orang-orang agar dapat menikmatinya juga. Setelah beberapa tahun berjalan, daya tarik wisata ini awalnya ramai dikunjungi oleh wisatawan yang transit dari Makassar ke Malino Highland. Melihat potensi tersebut, pihak pengelola akhirnya terus menerus mengembangkan daya tarik wisata ini dengan cara menambahkan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya secara berkala.
Pemilik dari wisata kebun ini adalah Bapak Benny. Beliau juga menjelaskan bahwa, wisata kebun ini telah dibuka untuk umum sejak tahun 2008.


Gambar 2 : Patung Unta di Wisata Kebun
Foto Oleh : Arista Kusuma

Pertama kali memasuki kawasan Wisata Kebun Gowa, wisatawan akan disajikan beberapa patung hewan seperti unta, jerapah, gajah, harimau dan masih banyak lainnya.
Semakin memasuki kedalam kawasan Wisata Kebun, wisatawan akan disambut dengan rimbunan pepohonan baik pohon buah maupun sekedar pohon pelindung. Pohon buah yang terdapat di Wisata Kebun Gowa, antara lain pohon mangga, papaya, jeruk, jambu, durian, pohon nangka, buah naga. Terdapat pula berbagai tanaman bunga seperti bunga kembang kertas (Bougenville), adenium, dan jenis lainnya. adapula  tanaman sayuran seperti,  terong, cabai, cemangi, kacang panjang, kangkung, dan masih banyak lainnya.


Gambar 3 : 2 contoh pohon (Rambutan & Pepaya) yang ada di Wiskeb
Foto Oleh : Rexsy Gumolung 

Di dalam daya tarik wisata ini, terdapat beberapa macam jenis tanaman buah seperti tanaman buah rambutan, tanaman buah nangka, tanaman buah mangga, tanaman buah naga, tanaman buah durian, tanaman buah jeruk, tanaman buah markisa dan lainnya serta beraneka ragam tanaman bunga yang menjadikan daya tarik wisata ini sejuk dan rindang. Yang menarik dari Wisata Kebun Gowa, tidak hanya berbagai tanaman buah dan sayuran yang tersedia, terdapat pula berbagai wahana permainan untuk anak-anak. Seperti, komedi putar, bianglala, kora-kora, kereta, ATV, dan jet coaster.

Gambar 4 : Foto Aula Wiskeb
Foto Oleh : Rexsy Gumolung

Gambar 5 : Foto Restaurant Wiskeb
Foto Oleh : Arista Kusuma

Fasilitas yang terdapat di Wisata Kebun Gowa yang pertama adalah aula dan restoran dengan jumlah tempat duduk yang mampu menampung hingga kapasitas 100 orang, menyediakan makanan seperti bakso, aneka nasi goreng, aneka mie dan masakan lainnya. Wisatawan juga diberi kebebasan jika ingin membawa makanan yang sudah siap saji dari luar.

Gambar 6 : Kolam Renang Wiskeb
Foto Oleh : Rexsy Gumolung

Selanjutnya ada fasilitas kolam renang, baik kolam renang untuk anak-anak maupun untuk dewasa. Tersedia pula fasilitas penginapan apabila wisatawan berkeinginan untuk menginap di Wisata Kebun. 

Gambar 7 : Kolam Pemancingan
Foto Oleh : Arista Kusuma

Fasilitas lainnya adalah kolam pancing, dimana alat pancing dan umpan sudah disediakan oleh pengelola tempat. Untuk wisatawan yang membawa anak-anaknya, terdapat pula kendaraan mini roda empat dengan melalui track khusus untuk mengelilingi area Wisata Kebun yang sejuk dan rindang. Yang terakhir adalah fasilitas gazebo. Gazebo yang terdapat di Wisata Kebun Gowa sama sekali tidak dipungut biaya, yang berarti wisatawan yang datang bebas menggunakan fasilitas ini.


Gambar 8 : Loket karcis Wiskeb
Foto Oleh : Rexsy Gumolung

Untuk biaya masuk ke Wisata Kebun Gowa, wisatawan harus membayar Rp. 15.000,- pada hari biasa (Senin-Jumat) dan Rp. 25.000,- pada hari Sabtu-Minggu dan hari Raya serta hari besar nasional dan untuk harga sewa mobil ATV Rp. 5.000,-.


Gambar 9 : Foto Hotel Wiskeb
Foto Oleh : Rexsy Gumolung & Arista Kusuma


Untuk biaya penginappan, pengelola memberikan harga Rp.500.000,- per malam dengan fasilitas yang ada seperti AC, Sarapan pagi, TV LCD, 2 Spring Bed Uk. Besar, 2 extra bed, dan kamar mandi. Untuk harga penyewaan aula sendiri, pengelola memberikan harga sesuai dengan tipe aula. Terdapat tiga tipe aula yang ada, yaitu Aula tertutup Rp. 1.000.000, Aula Besar Rp. 500.000,  dan Aula Kecil Rp. 250.000.
Menurut Zimmer (2002), promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan.
Mengarah kepada pengertian promosi oleh Zimmer diatas, maka sebuah promosi bagi suatu perusahaan yang menjual sebuah produk maupun pelayanan harus mampu melakukan sebuah kegiatan promosi  untuk meningkatkan pendapat penjualan produk dan pelayanan mereka. Inilah yang dilakukan oleh pemilik daya tarik wisata alam dan buatam yaitu wisata kebun di kabupaten gowa provinsi Sulawesi selatan.
Menurut pengelola wisata kebun, dari hasil wawancara yang kami lakukan, pada tanggal 15 Mei 2017 mengatakan bahwa, kegiatan promosi yang dilakukan oleh pihak pengelola wisata kebun yaitu, dengan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk memperkenalkan wisata kebun kepada anak-anak sekolah dasar. Sehingga anak-anak sekolah dasar ini tertarik untuk berkunjung ke wisata kebun karena memang, banyak fasilitas pendukung aktivitas wisatawan di wisata kebun yang cocok diperuntukkan untuk seumuran anak-anak SD. Namun, kegiatan promosi tersebut hanya dilakukan selama 2 bulan saja.
Kemudian, kegiatan promosi lainnya yang dilakukan oleh pihak pengelola adalah menyediakan salah satu  sosial media bagi wisata kebun yang dapat digunakan  sebagai media promosi untuk mempromosikan daya tarik wisata kebun kepada semua orang yang ingin mencari tahu terlebih dahulu informasih mengenai wisata kebun sebelum berkunjung ke wisata kebun tersebut.
Pihak pengelola juga memanfaatkan pelayanan yang baik sebagai sebuah promosi untuk memikat hati wisatawan agar dapat berkunjung ke wisata kebun. Menurut pengelola mengapa memprioritaskan pelayanannya sebagai salah satu media promosi, karena dengan sebuah pelayanan yang baik, maka wisatawan yang mendapatkan pelayanan baik tersebut akan menceritakan kepada teman-teman mereka ketika kembali dari berwisata di wisata kebun. Maka ketika orang-orang yang mendengar bahwa wisata kebun tidak hanya mempunyai fasilitas yang bagus untuk mendukung kegitan wisata di wisata kebun, wisata kebun juga mempunyai pelayanan yang baik dan memuaskan bagi wisatawan yang berkunjung.
Selain kegiatan promosi ke sekolah-sekolah tingak Sekolah Dasar (SD), menyediakan social media Facebook, melakukan pelayanan yang baik, kegiatan promosi lainnya yang dilakukan oleh pihak pengelola yaitu memberikan diskon tiket kepada wisatawan dengan ketentuan minimal 30 orang dan mendapat diskon 20%, untuk anak sekolah setiap kelipatan 20 orang free 1 orang Guru, dan untuk rombongan sekolah yang mengadakan wisata edukasi pihak wisata kebun akan memberikan souvenir berupa satu lembar foto kegiatan.
Inilah beberapa kegiatan promosi yang dilakukan oleh pihak wisata kebun untuk mengenalkan wisata kebun kepada masyarakat umum. Sehingga, diharapkan akan meningkatkan sebuah kunjungan wisatawan yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan pihak pengelola wisata kebun. Dalam mempromosikan daya tarik wisata ini faktanya masih sangat kurang. Terbukti dari informasi yang didapatkan dari beberapa pengunjung yang menginap di Hotel yang merupakan fasilitas akomodasi hotel melati yang disediakan oleh daya tarik wisata ini merasa kurang baik, pada bagian reservasi kamar seringkali terjadi miscommunication antara reception – tamu dalam memberikan informasi penjualan kamar.
Selain itu sangat disayangkan pula terdapat beberapa kelemahan yaitu kebersihan kawasan Wisata Kebun Gowa. Pada saat awal memasuki kawasan Wisata Kebun, wisatawan pasti akan menjumpai sampah-sampah yang berserakan, entah itu sampah organik maupun sampah non-organik. Ini sangat disayangkan mengingat Wisata Kebun Gowa yang pada dasarnya menjunjung kualitas pelayanan, akan tetapi dari segi kebersihan masih sangat kurang. Bila ini adalah salah satu faktor kesalahan dari wisatawan, seharusnya pihak pengelola menyediakan tempat sampah disetiap gazebo-gazebo dan disetiap titik tertentu. Memang pihak pengelola sudah menyediakan beberapa tempat sampah, akan tetapi bila pihak pengelola tidak memberikan peringatan untuk dilarang membuang sampah sembarangan, wisatawan tentunya tidak akan menyadari apa yang telah dilakukan dengan membuang sampah sembarangan adalah suatu hal yang salah.
Dampak yang dirasakan oleh pengelola wisata kebun ketika melakukan kegiatan promosi adalah terjadinya peningkatan kunjungan ke wisata kebun. Yang artinya bahwa, peningkatan pendapatan pun dirasakan oleh pihak wisata kebun. Pengelola wisata kebun juga menjelaskan bahwa, jika mereka tidak melakukan kegiatan promosi maka kunjungan wisatawan ke wisata kebun dalam satu bulannya akan mengalami penurunan.
Ini artinya, bahwa sebuah kegiatan promosi adalah sebuah hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk memajukan usaha yang mereka jalani. Sehingga, setiap perusahaan harus memiliki pengetahuan tentang promosi pemasaran.
Pelaksanaan kegiatan promosi ini juga merupakan sebuah kegiatan untuk mampu bertahan ditengah-tengah persaingan bisnis. Karena, di era modernisasi saat ini, ada begitu banyak pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata khususnya yang membangun sebuah daya tarik wisata seperti: ada agrowisata di malino, gowa discovary park, bugis water park di kota Makassar, dll.
Namun menurut kami, wisata kebun memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh daya tarik wisata lainnya yang ada disekitar wisata kebun seperti di daerah gowa dan Makassar. Kelebihan tersebut  yaitu dimana wisata kebun ini merupakan satu-satunya daya tarik wisata yang ada di kabupaten gowa dan disekitaran kota Makassar yang memiliki konsep perkebunan dan didalamnya, wisatawan bisa menikmati kesejukan dan sausana perkebunan. 
Selain itu, terdapat kolam renang, dan penyewaan sepeda gas, dan kereta kumbang yang bisa digunaan untuk wisatawan mengelilingi wilayah wisata kebun. Dan wisata ini merupakan pilihan yang  tepat bagi wisatawan yang ingin melepas lelah dan penat dari suasana perkotaan yang jaraknya cukup dekat untuk di capai dari kota Makassar dibandingkan harus pergi ke malino yang jaraknya cukup jauh dari kota Makassar.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Optimalisasi Fungsi Penting Museum La Galigo di Makassar Sebagai Daya Tarik Wisata dan Media Pendidikan

Lebih Mengenal Benteng Somba Opu